Press "Enter" to skip to content

Sejarah Ditemukannya Setrika

Setrika merupakan salah satu kebutuhan cuci-mencuci yang banyak terdapat di paket usaha laundry. setrika sendiri tidak bisa ditinggalkan begitu saja karena setrika dapat membuat pakaian menjadi lebih licin dan rapi. Hal tersebut agar menciptakan pakaian menjadi nyaman dikenakan dan sedap dipandang. Namun, tahukah Anda bagaimana sejarah ditemukan setrika hingga saat ini berkembang dengan beraneka macam jenisnya, mulai dari setrika bara, setrika listrik, hingga kekinian setrika uap panas. Tentunya, perkembangan setrika tidak terjadi begitu saja, tetapi melalui berbagai proses penemuan, pengembangan, hingga modifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan manusia saat ini.

Pada awalnya, setrika mulai digunakan oleh bangsa Tinghoa atau China sejak satu abad sebelum masehi. Namun, bangsa Tiongkok tersebut melakukan setrika hanya dengan menggunakan wajan besi yang di dalamnya diisi oleh batu bara yang panas sehingga menciptakan panas. Nah, dari panas tersebutlah wajan digosok-gosokkan di atas baju sehingga terlihat lebih rapi dan halus, tidak kusut. Oleh karena itu, mulailah setrika terkenal ke berbagai bangsa lainnya dengan metode yang kurang lebih hampir mirip. Berikut beberapa sejarah ditemukan setrika dari berbagai bangsa dan jenis dari setrika.

  1. Sejarah Setrika pada Zaman Bangsa Yunani

Bangsa Yunani telah mengenal setrika sejak tahun 400 sebelum Masehi. Bentuk setrika pertama yang dikenal oleh bangsa Yunani sudah mirip dengan setrika yang telah digunakan pada zaman modern kini. Namun, masih menggunakan panas alami dari batu bara yang panas. Pada mulanya, setrika digunakan oleh bangsa Yunani untuk merapikan pakaian adat yang biasa digunakan untuk upacara atau ritual-ritual setempat. Akan tetapi, dengan seiring perkembangan zaman, setrika mulai merambah ke berbagai strata sosial kalangan bawah untuk digunakan berbagai kebutuhan pakaian sehari-hari.

Baca Juga : Parfum Laundry Kiloan

  • Sejarah Setrika pada Zaman Bangsa Romawi

Bangsa Romawi mulai mengenal setrika tidak begitu jauh dengan bangsa Yunani. Bangsa Romawi menggunakan setrikaan mulanya untuk mengapikan pakaian para bangsawan, raja dan ratu mereka. Namun, lambat laun setrika mulai digunakan oleh kaum menengah ke bawah sehingga tersebarlah ke seluruh Romawi dan mulai digunakan secara umum. Bentuk setrika pertama di bangsa Romawi cukup berukuran lumayan besar dengan sumber panas dari bara api yang membara sehingga mampu melembutkan dan merapikan pakaian. Terlebih pada zaman saat itu pakaian bangsa Romawi cukup lumayan besar sehingga biasanya kegiatan menyetrika dilakukan oleh budak-budaknya.

  • Sejarah Setrika di bangsa Barat

Di bangsa Barat sendiri, setrika mulai dikenal sejak abad ke-17. Bentuk setrikaannya pun cukup besar dan tebal karena terbuat dari potongan besi yang permukaannya rata dan terdapat potongan besi sebagai pemegang tangan. Pada saat itu setrika disebut dengan istilah Sadiron. Penggunaannya pun cukup unik, sebelum setrika digunakan harus dipanaskan terlebih dahulu di depan/atas sumber api, seperti kompor. Setelah Sadiron tersebut cukup panas barulah dipalikasikan pada pakaian yang kemudian digosokkan secara maju dan mundur agar keseluruhan pakaian terkena panas.

  • Sejarah Setrika di Indonesia

Sementara itu, setrika mulai masuk ke Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda untuk tahun tepatnya tidak diketahui kapan pastinya. Secara mendasar, istilah setrika berasal dari bahasa Belanda, yaitu strijkijzer yang memiliki makna untuk menghilangkan kerutan pada pakaian dengan alat yang dipanaskan. Setrika di Indonesia, mulanya hanya diperuntukkan dan digunakan oleh kaum bangsawan para petinggi Belanda yang memiliki jabatan teratas. Setrika yang digunakan pun berbentuk tebal dari besi yang dalamnya diisi oleh arang/bara panas. Pada bagian atasnya terdapat pegangan atau gagangnya. Seiring dengan perkembangan modern, masyarakat Indonesia pun kini bisa menggunakan berbagai jenis setrika, seperti setrika listrik ataupun setrika uap yang lebih modern dan praktis yang banyak di gunakan distributor mesin laundry. Beberapa sejarah ditemukan setrika di atas menjadi bukti bahwa pada zaman dahulu sudah ada alat setrika dengan berbagai bentuk dan ciri khasnya masing-masing. Hingga saat ini, setrika telah berkembang modern dan manusia lebih mudah dan praktis menggunakan setrika untuk pakaian dan bahan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *