Press "Enter" to skip to content

Jaga Kualitas Kopi Dengan Kemasan Aluminium Foil

Kemasan aluminium foil kerap kita temui di banyak produk. Produk dairy seperti susu atau keju merupakan contoh paling mudah sebagai produk yang banyak menggunakan kemasan aluminium foil. cetak plastik kemasan aluminium foil memang sangat menguntungkan, namun apakah hanya produk dairy yang cocok untuk dikemas dengan aluminium foil?

Memilih bahan jual plastik kemasan yang efektif untuk menjaga kualitas produk Anda bisa menjadi hal yang sangat sulit jika tidak mengetahui sifat dasar dari setiap bahan kemasan. Di antara banyaknya produk yang ada di pasaran, kopi menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat masa kini.

Produksi kopi di Indonesia sangat melimpah, peminatnya pun sangat luas, hal ini yang menyebabkan penjualan kopi semakin tumbuh subur. Usaha Mikro Kecil Menengah berlomba-lomba mengeluarkan produk kopi terbaik yang bisa memuaskan dahaga dan rasa penasaran konsumen.

Untuk mendapatkan kopi berkualitas, produsen tidak hanya perlu memerhatikan pemilihan biji kopi dan cara pengolahannya yang panjang. Di tahap pengemasan, produsen juga perlu mempertimbangkan banyak hal yang dampaknya bisa memengaruhi kualitas produk. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan kualitas kopi adalah dengan mengemasnya di aluminium foil dengan kemasan standing pouch. Tapi, mengapa harus aluminium foil ya?

Tentang aluminium foil

Bahan aluminium foil merupakan perpaduan dari elemen logam dan plastik yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menghasilkan fleksibilitas. Kadar aluminium yang ada di kemasan kaleng dengan kemasan fleksibel berbeda, sehingga tidak membahayakan dan membuat makanan terkontaminasi.

Kita pasti sudah sangat akrab dengan jenis kemasan berikut ini karena sangat mudah ditemui. Warna perak dengan tekstur yang mudah dibentuk menjadi berbagai bentuk kemasan fleksibel merupakan hal yang sangat memudahkan kita untuk mengetahui bahan aluminium. Namun, jangan salah jika ada jenis kemasan yang sangat mirip dengan aluminium dan sering disangka sebagai bahan aluminium.

Metalize merupakan bahan yang sering dianggap sebagai bahan aluminium. Hal ini karena keduanya memiliki warna perak yang hampir serupa padahal jika dilihat lebih jauh, warna metalize jauh lebih terang daripada aluminium yang sedikit lebih gelap. Kemasan metalize biasanya digunakan pada produk keripik yang biasa kita beli di supermarket. Betul sekali, kemasan makanan ringan yang selama ini kita anggap terbuat dari aluminium rupanya terbuat dari metalize.

Keduanya memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Jika kemasan aluminium foil adalah bahan yang 100% bisa menghalau sinar matahari masuk ke kemasan, lain halnya dengan bahan metalize yang masih bisa tembus cahaya matahari. Dari segi harga pun metalize jauh lebih ekonomis dibanding aluminium yang harganya lebih tinggi.

Kualitas kopi tetap terjaga dengan aluminium foil

Kopi merupakan produk dengan tingkat sensitivitas yang tinggi. Jika tidak ditangani dengan baik, produk kopi bisa rusak dengan kehilangan cita rasa atau bahkan berjamur. Hal ini akan sangat merusak citra perusahaan Anda.

Namun, lain cerita jika Anda mengemas dengan kemasan aluminium foil. Kopi merupakan produk yang sangat rentan dengan kadar oksigen di dalam kemasan, jika oksigen tidak mendapat sirkulasi yang baik, hal tersebut bisa merusak kualitas. Selanjutnya juga kopi akan sangat rentan terhadap gas tertentu yang bisa menganggu kesegaran.

Dengan penggunaan aluminium foil, kemasan kopi bisa menjadi alat yang menjaga kesegaran kopi tetap baik. Tidak tembus cahaya matahari, tidak mengontaminasi, dan pastinya tidak merusak cita rasa kopi adalah hal-hal kecil yang bisa Anda dapatkan ketika mengemas kopi dengan kemasan aluminium foil.

Belum lagi dengan tambahan degassing valve yang bisa digunakan sebagai aksesoris di kemasan standing pouch kopi. Degassing valve atau katup udara merupakan komponen penting yang sebenarnya harus ada untuk menjaga kesegaran kopi. Sehingga, gas CO2 yang ada di dalam kemasan kopi juga bisa dibuang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *